Tentang Pesantren Salafiyah / Pesantren Salaf

Pesantren salafiyah atau pesantren salaf adalah pesantren tradisional yang biasanya dikelola oleh para Kyai langsung, pengajarnya pun biasanya kyai tersebut atau keluarganya atau para orang terdekatnya yang dipercayainya dan telah memiliki ilmu yang mumpuni sehingga hubungan kyai dan juga guru-guru di pesantren salafiyah ini cukup dekat secara emosional mungkin juga secara spiritual. 




Pesantren Salafiyah identik dengan kitab kuning, atau kitab gundul, atau kitab kuna yaitu kitab yang tidak ada jabar jer, tidak ada harakat ataupun maknanya, sehingga para santri harus belajar cara membaca dan memaknainya.

inilah keistimewaan pesantren salafiyah, seorang murid harus mulai dari awal yaitu mempelajari ilmu kitab-kitab rumus dan kitab tata bahasa, seperti nahwu, sorof, bahar, nadom, mantiq dan lain-lain agar santri tersebut bisa membaca, memaknai dan mengerti kitab kuning yang akan diajarkan.

kitab Kuning yang diajarkan di pesantren salafiyah ini mencakup beberapa disiplin ilmu, diantaranya: Tauhid, Fiqh, Aqidah, Akhlak (tassawuf), hadist, tafsir, muamalah bahkan ilmu siyasah (politik).

Setiap Pesantren salaf yang ada di daerah banten ini memiliki karakteristik masing-masing, ada yang lebih menonjolkan ilmu fiqh, ada yang menonjolkan ilmu tafsir, ada yang menonjolkan ilmu tasawwuf dan lain-lain.

Meski setiap disiplin ilmu dipelajari disini. Sistem belajarnya pun terbagi diantaranya: Balagan, Sorogan, Bandungan, wetonan, pasaran dan lain-lain.


EmoticonEmoticon