Sejarah Singkat Meletusnya Gunung Krakatau Pada 26-27 Agustus 1883


Gunung Krakatau meletus pada Agustus 1883 yang bermula sudah diketahui gejalanya pada Mei 1883, dan akhirnya puncak letusannya terjadi pada 26-27 Agustus 1883 dengan letusannya yang sangat hebat hingga meruntuhkan sepertiga bagian Gunung Krakatau dan melenyapkan sebagian besar pulau di sekelilingnya.

Letusan Gunung Krakatau ini merupakan salah satu letusan Gunung api yang paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah. Letusan Krakatau ini memicu tsunami terdahsyat di kawasan Samudera Hindia, ketinggian gelombangnya mencapai 40 meter dan menghancurkan desa-desa serta apa saja yang berada di pesisir pantai.

Tsunami yang terjadi kala itu bukan hanya karena letusan tetapi juga longsoran bawah laut. Suara erupsinya bahkan terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, yang jaraknya 4.653 kilometer. Sementara daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Kala itu letusan mulai berkurang dan berhenti pada 28 Agustus 2017, hanya letusan kecil yang terjadi dan sebagian besarnya hanya mengeluarkan lumpur hingga Oktober 1883.

Korban jiwa dilaporkan mencapai 36.417 orang, berasal dari 295 kampung kawasan pantai mulai dari Merak di Kota Cilegon hingga Cilamaya di Karawang, pantai Barat Banten hingga Tanjung Layar di Pulau Panaitan (Ujung Kulon serta Sumatera Bagian Selatan). Di Ujungkulon, air bah masuk sampai 15 km ke arah Barat. Keesokan harinya sampai beberapa hari kemudian, penduduk Jakarta dan Lampung pedalaman tidak lagi melihat matahari.

Gelombang Tsunami yang ditimbulkan bahkan merambat hingga ke pantai Hawaii, pantai barat Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7 ribu kilometer.

Letusannya juga menghancurkan Gunung Danan, Gunung Perbuwatan serta sebagian Gunung Rakata di mana setengah kerucutnya hilang. Tak hanya itu, cekungan selebar 7 km dan sedalam 250 meter pun terbentuk setelahnya.


Sumber : redaksifaktabanten, faktabanten.co.id dan wikipedia.org


EmoticonEmoticon