Tentang Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon Banten


Address : Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42412

Masjid Agung Nurul Ikhlas merupakan salah satu masjid kebanggaan bagi warga Cilegon. Masjid ini berdiri diatas lahan seluas 3600 m2 yang memiliki 3 lantai yaitu lantai basemen 1.175 m2, lantai dasar 1.372m2, lantai satu 1.072m2. Lantai basemen digunakan sebagai tempat wudhu dan toilet, lantai dasar digunakan sebagai ruang sholat utama dan dilantai satu digunakan sebagai ruang sholat bagi para wanita dan tempat tambahan ketika sholat jum’at atau sholat hari-hari besar.

Masjid Agung Nurul Ikhlas ini dapat menampung jema’ah hingga 2000 orang.

Bentuk Arsitektur Masjid ini seperti Masjid yang ada ditimur tengah dengan empat menara yang menjulang tinggi yang menjadi icon masjid ini serta kubah masjid yang berwarna hijau ala masjid Nabawi sehingga membuat masjid ini sangat megah.

Tampian interior di Masjid ini pun sangat indah dengan ruangan yang bernuansakan putih dengan ornamen-ornamen dan kaca-kaca patri yang menghiasi setiap sisi ruangan serta lantainya yang terbuat dari marmer.

Menurut sejarahnya dari berbagai sumber, Masjid Agung Nurul Ikhlas sudah berdiri sejak jaman penjajahan belanda namun dahulu bentuk masjid ini tidak semegah dan sebesar sekarang. Awalnya menara masjid ini hanya pendek saja, namun kemudian masjid ini direnovasi untuk yang pertama kalinya ketika menjelang kemerdekaan indonesia serta mengalami 2 kali di renovasi pada tahun 1960-an dan 1990-an.

Kemudian pada tanggal 02 februari 2006, Pemkot Cilegon merenovasi total pembangunan masjid ini yang di prakarsai oleh Walikota Cilegon saat itu yaitu Tb Aat Syafa’at. Renovasi total ini memakan waktu hingga tiga tahun dengan total biaya hingga 23 Miliar.

Renovasi total ini dilakukan karena model masjid terdahulu sudah tidak sesuai dengan perubahan zaman sekarang serta didukung peradaban Cilegon yang sudah semakin berkembang.

Peresmian masjid ini dilakukan pada tanggal 27 Maret 2009 oleh Menteri Agama RI yaitu H. Maftuh Basuni dan Walikota Cilegon saat itu H. Tb. Aat Syafa’at.

Demikianlah sedikit informasi tentang Masjid Agung Nurul Ikhlas ini, semoga dapat menambah wawasan kita.


EmoticonEmoticon