Sejarah Masjid Kuno Kaujon Serang Banten


Masjid Kaujon terletak di Jl. RM. HS. Jayadiningrat, Kampung Kaujon Pasar Sore, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang. Masjid ini berada dilingkungan rumah penduduk, di sebelah selatan kompleks bekas Kantor Gubernur Banten.

Namun tidak ada yang mengetahui kapan dibangunnya masjid ini, tapi kata salah seorang pengurus Masjid, masjid ini dibangun sebelum tahun 1875 karena dahulunya masjid ini dibangun sebelum pembangunan jembatan Kaujon, sedangkan jembatan Kaujon dibangun tahun 1875.

Di Masjid Kaujon terdapat angka tahun 1936, namun menurut pengurus masjid ini, itu merupakan tahun direnovasinya Masjid Kaujon.

Dahulunya masjid ini merupakan tempat persinggahan para saudagar dan nelayan untuk beribadah sehabis aktifitas berdagang di sungai Cibanten yang berada tidak jauh dari Masjid Kaujon.
Walaupun sudah banyak melalui renovasi, masjid ini tetap mempunyai dan tidak menghilangkan gaya arsitektur lama nya yaitu campuran khas Eropa, China dan Arab, sehingga tidak menghilangkan keaslian Masjid Kaujon.

Keaslian dari Masjid Kaujon seperti pintu masuknya yang berbentuk dua daun yang terbuat dari kayu jadi yang hingga saat ini masih dipertahankan. Lalu pada atap nya, masjid ini memiliki atap yang bersusun seperti relief-relief candi di jawa timur.

Tidak sampai disitu saja, ketika memasuki ruang utama, pada sisi barat terdapat mihrab tempat imam memimpin shalat berupa ceruk dan pada kanan dan kiri mihrab terdapat hiasan pilar semu, dua di kanan dan dua di kiri.

Pada bagian puncak pilar terdapat hiasan buah nanas. Buah nanas yang terdapat pada puncak pilar ini dalam keadaan sudah dikupas, sedangkan buah nanas yang terdapat pada puncak pilar bagian luar belum dikupas. Sedangkan di atas mihrab berhias motif flora yang digayakan menjadi bentuk lengkung bertingkat.

Di bagian ruang utama masjid ini terdapat empat tiang utama penyangga konstruksi atap. Pada bagian kuda-kuda tiang diperkuat dengan lempengan besi. Atap masjid berbentuk limas bersusun terdiri tiga tingkat dan pada setiap kaki atap melengkung ke atas dengan ujung runcing melengkung. Bagian puncak berhias motif floral (daun) dan puncaknya terdapat hiasan kendi.

Demikianlah sejarah dan informasi tentang Masjid Kaujon serang banten.


EmoticonEmoticon