Sejarah Masjid Cikoneng Banten


Masjid Cikoneng atau Masjid Darul Fallah ini merupakan Masjid bersejarah juga. Masjid ini terletak di Jalan Raya Anyer, Kampung Cikoneng, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Serang.

Arsitektur Masjid Cikoneng ini terdiri dari perpaduan antara Islam, Eropa, dan Lampung. Untuk corak Islam terlihat dari kaligrafinya, budaya Eropa terlihat dari bentuk tiangnya sedangkan budaya Lampungnya terlihat dari hiasan slegernya.

Masjid Cikoneng ini memiliki bentuk atap yang mengerucut dan hiasan dibagian puncaknya yaitu berbentuk beberapa naga. Uniknya lagi, Masjid Cikoneng ini memiliki dua Mihrab yaitu Mihrab untuk imam dan mihrab untuk khotib.

Konon dahulunya Masjid ini dibangun oleh masyarakat Lampung yang tinggal di Anyer karena dahulunya masyarakat Lampung sudah berkembang di Cikoneng sejak abad ke-16. Pada masa itu, Kesultanan Banten yang dipimpin oleh Sultan Maulana Hasanuddin meminta bantuan kepada Kerajaan Tulang Bawang untuk menyebarkan islam di Banten, maka dari itu utusan dari Lampung ini kemudian menetap di Cikoneng dan mendirikan masjid ini.

Sampai saat ini, Masjid Cikoneng masih dapat digunakan sebagai untuk aktivitas ibadah masyarakat setempat, juga menjadi destinasi wisata sejarah dan wisata religius di Banten.


EmoticonEmoticon